Sistem Belajar

Setiap kelas maksimal berjumlah 32 siswa dengan 1 orang Wali kelas, Guru bidang studi untuk beberapa mata pelajaran. Siswa akan belajar di kelas masing-masing untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama, Matematika, PPKn, IPA, IPS, Bahasa Sunda. Bahasa Inggris, PJOK, Seni Budaya dan Prakarya. Selain itu, siswa juga dapat melakukan kunjungan ke perpustakaan sekolah setiap waktu untuk mendapatkan bacaan tambahan diluar pembelajaran di dalam kelas.

 

Waktu Belajar

Sekolah berlangsung 5 hari dalam 1 pekan, yaitu dari Senin – Jum’at.  Adapun waktu belajar siswa adalah:

Kelas 7, 8 dan 9 : 07.30 – 14.45 WIB ; 1 jam pelajaran 40 menit

Diharapkan siswa datang tepat waktu sehingga dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik. Akan sangat baik siswa datang lebih awal agar ia dapat bersosialisasi dengan teman-temannya. Awal pelajaran sangat penting diikuti karena akan membantu siswa dalam berkonsentrasi dalam hari tersebut.

 

Rapot

Rapot adalah laporan hasil belajar siswa. Rapot terdiri dalam 2 bentuk yaitu rapot narasi dan rapot angka.

 

Rapor Narasi

Merupakan rapot uraian perkembangan belajar siswa dari berbagai aspek. Diberikan setiap akhir semester dengan tujuan agar orang tua mendapat gambaran terhadap perkembangan siswa. Orang tua juga mendapat gambaran yang lengkap mengenai kelebihan dan aspek yang perlu ditingkatkan dari setiap siswa.

Rapot Angka

Rapot angka yang digunakan adalah yang resmi dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan. Rapot ini memiliki nomor seri dan setiap siswa hanya memiliki satu buah untuk setiap tingkatan pendidikan. Rapot ini diberikan setiap akhir semester. Angka dalam rapor merupakan cerminan prestasi siswa yang terdiri dari beberapa aspek tugas harian, proyek, ujian harian, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester. Selain itu, aspek non akademis juga menjadi bahan penilaian, seperti, kehadiran, usaha, dan keaktifan siswa dalam semua kegiatan yang diselenggarakan sekolah.

Rapor Tengah Semester

Rapor ini diberikan di pertengahan setiap semester dengan tujuan memberikan informasi kepada orang tua sedini mungkin mengenai perkembangan siswa di sekolah. Sehingga siswa, guru, dan orang tua dapat melakukan langkah-langkah untuk miningkatkan prestasi siswa. Dalam rapor tengah semester ini pula terdapat informasi mengenai perkembangan pengumpulan/ pengerjaan dari berbagai tugas yang diberikan.

Sekolah memberikan ranking pada siswa berdasarkan prestasi akademis yang dicapai oleh siswa. Permberian ranking bertujuan menambah semanngat Siswa agar dapat belajar lebih baik lagi.

Pihak sekolah sangat mengharapkan orang tua dapat mendukung dan memotivasi siswa dalam mengembangkan kebiasaan belajar dengan cara :

  1. Berbicara dengan Siswa mengenai apa yang sedang dipelajari di sekolah
  2. Menetapkan waktu tertentu untuk mengerjakan pekerjaan rumah
  3. Menyediakan tempat yang tenang untuk belajar
  4. Menjawab pertanyaan yang Siswa belum dapat memecahkan tetapi ia sudah berusaha untuk itu
  5. Mengevaluasi pekerjaan yang sudah selesai
  6. Memberi informasi kepada guru ketika ada masalah yang timbul
  7. Memantau perkembangan pembelajaran siswa dirumah.

Program Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter diajarkan dengan cara diintegrasikan ke keseluruhan mata pelajaran di kelas sehari-hari dan keseluruh kegiatan yang dilaksanakan di sekolah dengan tujuan agar nilai-nilai baik tertanam pada siswa.

Karakter yang dikembangkan :

  1. Menghargai diri sendiri (Disiplin, Jujur, Pantang Menyerah)
  2. Menghargai orang lain (Menghormati, Bekerjasama, Toleransi, Berempati, Pemaaf)
  3. Menghargai Lingkungan (Peduli lingkungan)
  4. Bertanggung jawab
  5. Percaya diri
  6. Kreatif
  7. Mandiri
  8. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi
  9. Cinta tanah air

PROGRAM AKADEMIK